Rabu, 17 April 2013

RPP Bahasa Indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester              : VII/1 (satu)
Alokasi Waktu               : 4 x 40 menit

A. Standar kompetensi        : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
B. Kompetensi Dasar        : 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
C. Indikator
1.      Kognitif
·         Proses
Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
·         Produk
Menandai berbagai teks upacara dengan tanda-tanda intonasi
2.       Afektif
·         Karakter
Membaca dan mencermati berbagai teks perangkat upacara
·         Sosial
Berlatih membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
3. Psikomotorik
Mampu membacakan berbagai teks upacara dengan intonasi yang tepat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
·         Proses
Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai teks perangkat upacara dengan mengenal tanda-tanda intonasi
·         Produk
Siswa dapat menandai berbagai teks upacara dengan tanda-tanda intonasi pada teks perangkat upacara
2. Afektif
·         Karakter
Siswa dapat membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
·         Sosial
Siswa dapat membacakan berbagai teks perangkat upacara
3. Psikomotorik
 Siswa dapat membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat
E. Materi Pembelajaran
Pembacaan teks perangkat upacara
a). Pembukaan UUD 45
UNDANG-UNDANG DASAR
NEGARA REPUBLUK INDONESIA TAHUN 1945
PEMBUKAAN
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai denga perikemanusian dan peri keadilan.
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan rakyat Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
Atas berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.
Kemudian dari pada itu, untuk membentuk pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dan suatu Undang-Undang Dasar Negara Repulik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradap, Persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
b). Pancasila
Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
c). Sumpah Pemuda
SUMPAH PEMUDA
1.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
3.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
d.) Doa
Doa
Ya, Tuhan Yang Maha Pengasih dan juga Maha Penyayanng, kami kembali menghadap kehadirat-Mu, terimalah puji syukur kami. Tuhan penguasa dunia dan akhirat, terima kasih kami ucapkan, karena Engkau sudi memberikan kepada kami, sehingga kami dapat berkumpul kembali pada hari ini, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, dosa-dosa guru kami, dosa teman-teman kami, dan juga dosa musuh-musuh kami. Beri kami rezeki pada hari ini, luaskanlah pengetahuan kami, jangan masukkan kami dalam percobaan tetapi lindungilah kami dalam segala kejahatan dan segala sesuatu yang merusak iman kami, hanya kepada-Mu lah kami mengadu dan memohon pertolongan.
Tuhan kabulkanlah doa kami, terjadilah apa yang menjadi kehendak-Mu
Amin.
·      Penempatan Jeda
Jeda adalah waktu penghentian sebentar dalam kalimat atau ujaran
Perhatikan contoh berikut:
a. Semua peserta upacara / segera menyiapkan diri / di halaman sekolah //
b. bahwa/ sesungguhnya kemerdekaan itu / ialah hak segala bangsa //
·      Intonasi
Intonasi adalah perubahan pada nada sewaktu mengucapkan ujaran atau bagian-bagiannya.

4. Metode Pembelajaran
a). Pemodelan
b). Inkuiri
c). Diskusi
d). Penugasan

5. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Pertemuan 1
Kegiatan Awal
1.      Guru memeriksa kesiapan siswa.
2.      Guru menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
3.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang pembacaan perangkat upacara tersebut
4.      Siswa membentuk kelompok masing-masing terdiri atas tiga orang anggota
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengidentifikasi berbagai teks upacara
2.      Siswa membaca dan mencermati teks perangkat upacara yang berupa Pembukaan UUD 1945, Pancasila, Sumpah Pemuda, dan Doa. Siswa memberi tanda intonasi pada teks perangkat upacara Pembukaan UUD 1945
3.      Setiap kelompok membagi tugas pembacaan teks perangkat upacara; siapa yang membacakan Pembukaan UUD 1945, Pancasila, Sumpah Pemuda, atau Doa
4.      Siswa dan Guru menyepakati format penilaian membacakan berbagai teks upacara
5.      Secara bergiliran, setiap kelompok tampil membacakan berbagai teks upacara bendera dengan intonasi yang tepat
6.      Kelompok lain mengamati dan memberikan penilaian
Kegiatan Akhir
1.      Siswa dan Guru bertanya jawab tentang kendala membacakan berbagai teks upacara bendera
2.      Memberi motivasi kepada siswa
3.      Menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
Ø  Pertemuan 2
Kegiatan Awal
1.      Guru memeriksa kesiapan siswa
2.      Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pelajaran sebelumnya
3.      Siswa berkelompok kembali sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Kegiatan Inti
1.      Kelompok yang belum tampil secara bergiliran membacakan teks perangkat upacara Pembukaan UUD 1945, Pancasila, Sumpah pemuda, dan Doa
2.      Kelompok lain mengamati dan memberikan penilaian.
3.      Siswa menentukan kelompok pembaca teks perangkat upacara terbaik
4.      Kelompok pembaca teks perangkat upacara terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Kegiatan Akhir
1.      Guru melakukan refleksi
2.      Guru menyimpulkan cara membacakan berbagai teks perangkat upacara, salah satunya Pembukaan UUD 1945
3.      Guru memberikan motifasi kepada siswa
4.      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

6. Sumber Belajar
a. Teks Perangkat Upacara (Pembukaan UUD 1945, Pancasila, Sumpah Pemuda, dan Doa)
b. Buku Paket kompetensi Berbahasa Indonesia karangan Nia Kurniati

7. Penilaian
a. Teknik                        : Tes tulis dan tes untuk kerja
b. Bentuk instrumen      : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal /Instrumen
    
1. Identifikasikan tiga teks perangkat upacara
 Pedoman Penskoran
-       Bila siswa dapat menyebutkan tiga teks perangkat upacara             : 3
-       Bila siswa dapat menyebutkan dua teks perangkat upacara             : 2
-       Bila siswa dapat menyebutkan satu teks perangkat upacara            : 1

2. Berilah tanda-tanda intonasi pada teks perangkat upacara Pembukaan UUD 1945
Pedoman Penskoran:
-   Bila pemberian tanda-tanda intonasi/tanda jeda teks perangkat upacara tepat        : 3
-   Bila pemberian tanda-tanda intonasi/tanda jeda teks perangkat upacara krang tepat: 2
-   Bila pemberian tanda-tanda intonasi/tanda jeda teks perangkat upacara tidak ada : 1
3. Bacakanlah teks perangkat upacara bendera (Pembukaan UUD 1945 / Janji Siswa / Sumpah Pemuda / Doa) dengan intonasi yang tepat:
Berilah tanda cek (Ö ) pada kolom nilai 1, 2, 3, dan 4 dengan ketentuan :
1 = kurang         2 = sedang       3 = baik           4 = sangat baik

Rubrik penilaian membacakan teks Perangkat Upacara
Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut :

 X 100 = ..............







                                                                                   Mahasiswa PPL


                         M U H L I S
                                                                              NIM. 10533 5161 08


Mengetahui,

Dosen pembimbing                                                      Guru Pamong


Drs. H. Djodding. SB. M. Pd                                 St. Fatimah, S. Pd
NIP.                                                                         NIP.2303 6510 1085264












Kunci Jawaban :
·         Identifikasikan tiga teks perangkat upacara !
a)  Pancasila
PANCASILA
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa.
2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.      Persatuan Indonesia.
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.



b)  Sumpah Pemudah
SUMPAH PEMUDA
4.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
5.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
6.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.



c)  Doa
Doa
Ya, Tuhan Yang Maha Pengasih dan juga Maha Penyayanng, kami kembali menghadap kehadirat-Mu, terimalah puji syukur kami. Tuhan penguasa dunia dan akhirat, terima kasih kami ucapkan, karena Engkau sudi memberikan kepada kami, sehingga kami dapat berkumpul kembali pada hari ini, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, dosa-dosa guru kami, dosa teman-teman kami, dan juga dosa musuh-musuh kami. Beri kami rezeki pada hari ini, luaskanlah pengetahuan kami, jangan masukkan kami dalam percobaan tetapi lindungilah kami dalam segala kejahatan dan segala sesuatu yang merusak iman kami, hanya kepada-Mu lah kami mengadu dan memohon pertolongan.
Tuhan kabulkanlah doa kami, terjadilah apa yang menjadi kehendak-Mu
Amin.







Lembar Kerja Siswa
Nama              : .........................
Kelas               : .........................
Nis                   : .........................

S O A L
·         Berilah tanda-tanda intonasi / tanda jeda pada teks perangkat upacara dibawah ini !
Keterangan :
/           : ambil nafas
//          : tanda dua ketukan
_                    : kata dibaca dengan mendapatkan penekanan khusus

Ø    Pembukaan UUD 1945

UNDANG-UNDANG DASAR
NEGARA REPUBLUK INDONESIA TAHUN 1945
PEMBUKAAN
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai denga perikemanusian dan peri keadilan

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur

Atas berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya

Kemudian dari pada itu untuk membentuk pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undand Dasar negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat yang berdasar kepada ketuhanan Yang Maha Esa kemanusian yang adil dan beradab persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

         Rubrik merupakan panduan penilaian yang menggambarkan kriteria yang diinginkan guru dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil pekerjaan siswa 



  
Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan







Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Nama Kelompok           :  ..............................
Nama Siswa                   :  ..............................
Nama Perangkat            :  ..............................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1.
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




2.
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi rendah, keras-lemah suara, dan cepat lambat cerita




3.
Mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, sikap dan ucapan





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar